PERTANYAAN :
Assalaamu alaikum, Yang di maksud perintah menikah bagi laki laki kalo
sudah mampun maka bersegeralah menikah, yg di maksud mampu dalam artian
apa?
JAWABAN :
1.
Wa alaikumus salaam warohmatulloh, maqsud mampu dalam nikah adalah mampu
untuk mambayar mahar yang kontan dan menafkahi istri pada hari
pernikahan dan malam harinya.
: .يا معشر الشباب من استطاع منكم الباءة فليتزوج فإنه أغض للبصر وأحصن للفرج ومن لم يستطع فعليه بالصوم فإنه له وجاء. متفق عليه____
و اختلف العلماء في المراد بالباءة والأصح أن المراد بها الجماع فتقديره : من استطاع منكم الجماع لقدرته على مؤنة النكاح فليتزوج.
سبل السلام ٣/١٠٩
و النكاح مستحب لمن يحتاج اليه بتوقانه للوطء و يجد أهبته كمهر و نفقة فإن
فقد الأهبة لم يستحب له النكاح___ والمراد بالمهر الحال منه و بالنفقة نفقة
يوم النكاح و ليلته وبالكسوة كسوة فصل التمكين____والباءة بالمد مؤن
النكاح.
الباجوري ٢/٩٢
2.
Imam Nawawi mengatakan bahwa para ulama berbeda pendapat mengenai maksud
dari kata Ba'ah dalam hadits tersebut. Sebagian ulama mengatakan bahwa
yang dimaksud Ba'ah di sini adalah maknanya secara bahasa, yaitu jima'.
Jadi bunyi hadits tersebut menjadi, "Barangsiapa di antara kalian telah
mampu berjima', hendaklah ia menikah. Barangsiapa belum mampu berjima',
hendaklah ia berpuasa untuk menahan syahwat dan air maninya, sebagaimana
tameng yang menahan serangan".
Jika yang dimaksud Ba'ah adalah jima', maka objek dari hadits tersebut
adalah para pemuda yang memiliki hasrat yang besar terhadap lawan
jenisnya.
Pendapat kedua mengatakan bahwa yang dimaksud Ba'ah adalah kemampuan
seseorang untuk memberikan nafkah dan keperluan pernikahan. Jadi, bunyi
haditsnya menjadi, "Barangsiapa di antara kalian telah mampu memberikan
nafkah dan keperluan pernikahan, hendaklah ia menikah. Barangsiapa belum
mampu memberikan nafkah dan keperluan pernikahan, hendaklah ia berpuasa
untuk menahan syahwatnya".
الباة بلا مد والثالثة الباء بالمد بلا هاء والرابعة الباهة بهاءين بلا مد
وأصلها في اللغة الجماع مشتقة من المباءة وهي المنزل ومنه مباءة الابل وهي
مواطنها ثم قيل لعقد النكاح باءة لأن من تزوج امرأة بوأها منزلا واختلف
العلماء في المراد بالباءة هنا على قولين يرجعان إلى معنى واحد أصحهما أن
المراد معناها اللغوي وهو الجماع فتقديره من استطاع منكم الجماع لقدرته على
مؤنه وهي مؤن النكاح فليتزوج ومن لم يستطع الجماع لعجزه عن مؤنه فعليه
بالصوم ليدفع شهوته ويقطع شر منيه كما يقطعه الوجاء وعلى هذا القول وقع
الخطاب مع الشبان الذين هم مظنه شهوة النساء ولا ينفكون عنها غالبا والقول
الثاني أن المراد هنا بالباءة مؤن النكاح سميت باسم ما يلازمها وتقديره من
استطاع منكم مؤن النكاح فليتزوج ومن لم يستطعها فليصم ليدفع شهوته والذي
حمل القائلين بهذا على هذا أنهم قالوا قوله صلى الله عليه و سلم ومن لم
يستطع فعليه بالصوم قالوا والعاجز عن الجماع لا يحتاج إلى الصوم لدفع
الشهوة فوجب تأويل الباءة على المؤن وأجاب الأولون بما قدمناه في القول
الأول وهو أن تقديره من لم يستطع الجماع لعجزه عن مؤنه وهو محتاج إلى
الجماع فعليه بالصوم والله أعلم
(Lihat Kitab Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim Juz 9 Halaman 173)
Ba'ah secara bahasa berarti jima' (bersenggama), kemudian di pakai untuk menyatakan akad nikah dari mahar dan nafkah.
الباءة: فيه اربع لغات، المشهور منها هو المد وتاء التأنيث، والمعنى اللغوى
للباءة: هو الجماع، ولكن المراد هنا مؤذن النكاح من المهر والنفقة.
والمعنى: من استطاع منكم اسباب الجماع ومؤنه فليتزوج.
(LIHAT KITAB TAUDIHUL AHKAM MIN BULUGHUL MARAM BAB NIKAH HALAMAN 214)
Wallohu a'lam bis showab